Dua alasan mengapa perencanaan itu di anggap penting :
1. Protective benefits
Mengurangi kemungkinan terjadinya kesalahan dalam pembuatan keputusan
2. Positive benefits
Meningkatkan sukses pencapaian tujuan organisasi
• Definisi Perencanaan
T. Hani Handoko (1995) mengemukakan bahwa: “ Perencanaan (planning) adalah pemilihan atau penetapan tujuan organisasi dan penentuan strategi, kebijaksanaan, proyek, program, prosedur, metode, sistem, anggaran dan standar yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan.
• Stephen Robbins dan Mary Coulter mengemukakan tujuan perencanaan sebagai berikut
untuk memberikan pengarahan baik untuk manajer maupun karyawan nonmanajerial.
untuk mengurangi ketidakpastian.
untuk meminimalisir pemborosan.
untuk menetapkan tujuan dan standar yang digunakan dalam fungsi selanjutnya.
Adapun manfaat perencanaan secara umum adalah :
Menghemat waktu usaha dan dana
Meminimumkan pekerjaan yang tidak pasti
Membuat tujuan lebih khusus, terperinci, dan mudah dipahami
Memudahkan dalam melakukan koordinasi
Memberikan cara pemberian perintah
Membantu penempatan tanggung jawab
Sisi lebih dan sisi kurang perencanaan ada;ah sebagai berikut :
Kelebihan Perencanaan
Memungkinkan manajer memahami keseluruhan gambaran operasi lebih jelas
Menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan
Kelemahan perencanaan
Adannya rencana yang cara-caranya tidak konsisten
Cenderung menunda kegiatan
Terlalu membatasi manajemen untuk berinisiatif dan berinovasi
Proses Penyusunan Perencanaan :
1. Merumuskan misi dan tujuan
2. Memahami Keadaan saat ini
3. Memahami faktor pendukung dan faktor penhambat baik internal maupun eksternal
4. Perumusan perencanaan
Oleh :DWI AGUNG NUGROHO ARIANTO, SE. MM
Rabu, 05 Desember 2012
FUNGSI MANAJEMEN PERENCANAAN
23.11
FBorantia
No comments
0 Comments