Pages

Selasa, 08 Januari 2013

Marah dan cara mengatasinya


Marah dan emosi adalah sifat mendasar dari setiap orang, Lalu bagaimana agar kita bias menahan atau mengontrol emosi kita?
Bukan perkara mudah untuk menahan diri kala kita tengah marah, apalagi seseorang dengan sengaja memancing emosi kita mungkin tangan kita sudah siap siap memukulnya . . . namun apabila kita mampu menahan emosi kita ketika sedang marah itu menunjukkan kalau kita adalah orang yang kuat. Dalam Riwayat Abu Hurairah dikatakan “ Orang yang kuat tidaklah yang kuat dalam bergulat, namun mereka yang bias mengendalikan dirinya ketika marah”(H.R. malik)


Berikut adalah beberapa cara meredam kemarahan :
• Membaca Ta’awwudz, Rasullah bersabda “Ada kalimat kalau diucapkan niscaya akan hilang kemarahan seseorang yaitu “ A’uudzu billahi mina-syaithaanirrajim” “Aku berlindung kepada Allah dari godaan Syaitan yang terkutuk” (H.R. Bukhari Muslim)
• Berwudlu . Rasulullah besabda “ Kemarahan itu dari syetan, sedangkan syetan tercipta dari api, api hanya bias padam dengan api, maka kalau kalian marah berwudlulah”. (H.R. Abu Dawud)
• Duduk. Dalam sebuah hadist dikatakan “ kalau kalian marah maka duduklah, kalau tidak hilang juga maka berbaringlah” (H.R. Abu Dawud)
• Diam. Dalam sebuah hadist dikatakan “ajarilah (orang lain),mudahkanlah, jangan mempersulit masalah , kalau kalian marah maka diamlah “ ( H. R. Ahmad)
• Bersujud, artinya shlat sunah minimal dua rakaat, dalam sebuah hadist dikatakan “ ketahuilah, sesungguhnya marah itu bara api dalam hati manusia. Tidaklah engkau melihat marahnya kedua matanya dan tegangnya urat darah di lehernya? Maka barangsiapa mendapatkan hal itu, maka hendaklah ia menempelkan pipnya dengan tanah(sujud). (H.R. Tirmidzi)

Belajar Adab Adab Sunnah Rasulullah SAW

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Web Hosting Coupons