Pages

Rabu, 21 Desember 2011

Akal dan kebodohan

Dilihat dari katanya saja sudah jauh berbeda yaitu akal dan kebodohan. Dimana akal memiliki pengertian suatu kemampuan untuk memahami sesuatu dan mengatur pola pikir sedangkan kebodohan adalah hasil dari ketidakmampuan memaksimalkan akal.
Pada dasarnya setiap makhluk hidup di karuniai sebuah akal oleh Tuhan namun tentunya karunia akal tersebut berbeda beda. Dan tentunya tak satupun makhluk hidup yang dikaruniai kebodohan. Sedangkan hubungan antara akal dan kebodohan sendiri dapat diibaratkan seperti “Pisau tajam yang dibiarkan” suatu pisau yang tajam apabila hanya dibiarkan terus menerus tentu pisau tersebut akan menjadi tumpul karena tidak pernah ada perawatan. Jadi semua tergantung dari manusia itu sendiri bagaimana sesorang memaksimalkan anugerah akal yang telah diberikan oleh tuhan.Semakin seseorang memaksimalkan dan mengasah akalnya secara terus menerus tentu hasilnya pun suatu kecerdasan. Namun apabila suatu akal hanya dibiarkan duduk saja sudah barang tentu hasilnya adalah suatu kebodohan.
Maka sebagai insan manusia yang selalu mensyukuri rahmat yang diberikan Tuhan. Kita wajib selalu mengasah kemampuan akal kita melalui kegiatan kegiatan positif seperti melalui kegiatan Pendidikan, Sosial Budaya, Keagamaan, dll.


“Sebaik baiknya anugerah adalah akal dan seburuk buruknya Bencana adalah kebodohan” Umar Bin Khattab

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Web Hosting Coupons